Nissan : Sebuah Langkah Maju Layanan Purna Jual

Sering kali produsen otomotif atau Agen Pemegang Merk (APM) kendaraan roda empat di republik ini lebih banyak melakukan layanan pre sales ketimbang after sales. Meski tidak semuanya, namun budaya how to sell lebih mengemuka ketimbang how to service. Yap, after sales service alias layanan purna jual sudah selayaknya bukan lagi dianaktirikan.

Kenapa ?

Menurut pengamat otomotif sekaligus owner show room mobil Tip Top Auto asal kota Palembang, Gregerious Wilson, berdasarkan pengalamannya, ada beberapa merk kendaraan yang lebih suka menjual ketimbang memperkuat layanan purna jual.

Mindset yang terbentuk adalah bagaimana account executive (AE) mampu menjual kendaraan”, ungkap Wilson saat ditemui di ruang kerjanya. “Ini jelas berkaitan dengan bonus serta komisi atas perjualan pasca disepakatinya SPK (Surat Pemesanan Kendaraan),” kata Oom Wilson – sapaan akrab beliau.

“Padahal, andai pabrikan mau sedikit keluar biaya ekstra untuk mengangkat issue tentang after sales service dalam jualannya,  pasti ceritanya bakalan lain,” ujar beliau.

Maksudnya ?

“Ya, harusnya pihak APM ngga cuma orientasi-nya jualan. Maintenance sisi after sales-nya juga”, tambah beliau.

“Ini (after sales) bagian bagus untuk dikembangkan. Jangan lupa, konsumen cerdas pasti bisa menilai, mana after sales yang bagus, mana yang seadanya.” ujarnya lagi.

Hmmm, kenapa layanan after sales atau purna jual ini layak “digoreng”?

“Layanan after sales itu menandakan jati diri pabrikannya. Kalau after sales bagus, Insha Allah pabrikan-nya sehat”, ucapnya.

Masih  belum puas dengan jawaban dari Oom Wilson tentang layanan purna jual kendaraan, saya lalu mencari tau lebih detail. Via Mbah Google dengan keywords “layanan after sales”, dari berbagai situs, saya menemukan beragam komentar dari pengguna kendaraan terkait layanan purna jual. Mulai dari keluhan, sanjungan, hingga curhat. Nah. yang menarik – mesti tidak selalu berada di peringkat atas – nama Nissan  selalu ada di Top 5 kendaraan dengan layanan purna jual terbaik.

Apa iya sih ?

16TDIgb_Helios003.jpg.ximg.l_8_m.smartPenasaran, saya kemudian masuk ke situs https://www.nissan.co.id, lantas, saya menuju tab layanan after sales. Click and boom….. Semua layanan purna jual dari Nissan Indonesia termuat disana. Mulai dari body & paint, maintanence cost hingga Nissan genuine key value.

Ah, jadi kian penasaran….

Body and Paint

bocy-n-paint.png.ximg.l_6_m.smart

Fasilitas ini telah memenuhi standar global yang ditetapkan. Khusus untuk perbaikan body repair, ada jaminan selama 6 bulan sejak tanggal perbaikan, yang berlaku di beberapa wilayah di Jakarta, Bandung dan Bali.

Body and Paint Receiving Point

Merupakan tempat mobilisasi kendaraan ke workshop body and paint. Anda cukup “titip” kendaraan disini, nanti akan dibawa ke workshop. Bila sudah kelar, anda bisa mengambilnya di tempat yang sama. Hingga kini ada 21 receiving point yang tersedia.

Mobile Claim

Dengan fasilitas ini, anda ngga perlu mengantarkan kendaraan anda ke workshop atau receiving point. Cukup menghubungi (021) 6919969 / 087881717729 pada jam kerja untuk melakukan perjanjian waktu & lokasi klaim.Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Maintenance Cost

a.png.ximg.l_6_m.smart

Layanan ini yang paling anyar. Kendaraan anda free jasa berkala sampai dengan 50.000 km atau 4 tahun – tergantung yang mana lebih dulu – penggunaan di bengkel resmi Nissan. Layanan ini khusus untuk kendaraan tahun produksi 2017, mulai dari Nissan March hingga Nissan Navara.  Nah, untuk kendaraan di bawah tahun produksi 2017, ada syarat dan ketentuannya lho.

Mobile Service

mobile-service.png.ximg.l_6_m.smart

Ini merupakan layanan alternatif kalau anda tidak bisa datang ke bengkel resmi Nissan. Caranya : cukup hubungi no NICOLE (Nissan Care Online Assistance) 14023 atau dealer yang menyediakan layanan Nissan Datsun Mobile Service. Dengan layanan ini, anda bisa hemat waktu, tidak kena biaya tambahan dan kualitas servis setara dengan bengkel resmi. Cara pembayarannya bisa anda pilih, tunai, credit card atau debit card. Simpel kan ? Oh, iya. Untuk sementara waktu, layanan ini hanya bisa untuk jenis mobil tertentu. (Livina, GL, March, Juke, Evalia, Serena dan X-Trail)

1 x 24 Hours Part Availablity Guarantee

Logo24jam.jpg.ximg.l_6_m.smart

Layanan ketersediaan suku cadang asli. Ada  lebih dari 500 suku cadang yang termasuk di program ini dan berlaku untuk kendaraan yang servis di bengkel resmi Nissan. Bukan di bengkel sebelah ya..

Nissan Genuine Part

genuine key value.png.ximg.l_6_m.smart

Jaminan penggantian atas kerusakan suku cadang asli Nissan dan tidak membebankan biaya atas jasa perbaikan atau penggantian suku cadang yang rusak tersebut yang berlaku untuk jangka waktu 20.000 (dua puluh ribu) km atau 12 (dua belas) bulan – yang mana tercapai lebih dulu –  terhitung dari tanggal penggantian/pemasangan suku cadang di bengkel resmi (authorized workshop) Nissan.  Dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, tentunya.

Fast Moving Spare Part Price

fast-moving-spare-part-price.png.ximg.l_6_m.smart

Pengen tau harga suku cadang asli mobil Nissan anda ? Cek disini. Semuanya lengkap !!!

Service Appointment

foto.jpg.ximg.l_6_m.smart

Layanan ini memudahkan anda untuk melakukan servis berkala di jaringan bengkel resmi Nissan dengan perjanjian waktu yang sudah dipastikan sebelumnya. Anda akan mendapatkan beragam keuntungan. Mulai dari terhindar dari antrian, mendapatkan prioritas karena telah melakukan appointment. Mobil anda langsung dikerjakan karena teknisi, fasilitas dan suku cadang telah disiapkan sebelumnya hingga perkiraan waktu selesai bisa anda ketahui lebih awal sehingga anda dapat mengatur waktu anda yang berharga. Asyik kan ?

Genuine Key Value

genuine-value-logo.jpg.ximg.l_6_m.smart

Kita sering kali berhemat dengan cara yang salah. Membeli barang tiruan atau palsu, jelas berakibat tidak baik. Nah, dengan adanya genuine key value ini, anda punya pilihan baru jenis suku cadang resmi yang lebih terjangkau berstandar kualitas dengan Nissan. Harga hemat hingga 30% dari Nissan genuine part, dengan daya tahan 80% serta fungsi 100%.  Hayoooo, masih milih yang abal-abal ?

Well, banyak sekali keuntungan serta keunggulan yang diberikan lewat layanan purna jual dari Nissan ini. Lantas, saya jadi teringat ucapan Oom Wilson bahwa ada kecenderungan konsumen akan membeli mobil (dari pabrikan) yang  sama, bila mereka mendapat layanan after sales yang baik.

Semoga saja.

Iklan

11 comments

  1. Design mobil Nissan itu manja dan menggoda iman, pengen banget punya. Kalau mereka meningingkatkan layanan purna jual, tambah plus lagi nilainya. Karena bagaimanapun ada saatnya mobil harus dirawat atau mencari suku cadang baru usai dipakai berkali-kali, jadi layanan purna jual memang dibutuhkan pelanggan.

  2. Infonya detail bgt kereen.. , udah ga galau lagi dgn kelebihan yang dimiliki Nissan apalagi layanan after sales service , jd berasa diperhatiin terus bukan hanya saat beli aja… Nissan is my favourite car

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s